May 11, 2012

Progress Tugas Besar CFD dan Komtek

Posted by Gerry Liston Putra On Friday, May 11, 2012 1 comment

PENGARUH JENIS MATERIAL PLAFON PADA SUHU KAMAR


Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenis material plafon pada suhu kamar yang ditempati dengan menggunakan software CFD dan membuat programnya di visual basic.

Studi Literatur 

Suhu kamar yang ideal adalah 20'C - 25 'C atau 293' K - 298' K. Untuk menjaga suhu kamar tersebut dapat dengan membuat ventilasi yang benar sehingga aliran udara masuk ke dalam kamar bisa menyejukkan dan menurunkan temperatur kamar. Cara lain dengan menggunakan pendingin ruangan atau AC. 

Konduktivitas Thermal juga berpengaruh pada perpindahan kalor didalam kamar.  Berikut contoh-contoh konduktivitas thermal material :

Bahan
k  (W/m.Co)
Bahan
k  (W/m.Co)
Aluminium
238
Asbestos
0,08
Tembaga
397
Concrete
0,8
Emas
314
Gelas
0,8
Besi
79,5
Karet
0,2
Timbal
34,7
air
0,6
Perak
427
kayu
0,08
 Wol
 0,04
udara
0,0234



Untuk plafon kamar, diharapkan agar konduktivitas thermalnya sangat kecil agar panas dari atap tidak gampang berpindah ke kamar yang bisa menyebabkan kamar menjadi panas. Konduktivitas Thermal adalah kemampuan material untuk menghantarkan panas. 

Pada kamar ini plafon yang digunakan adalah asbestos. Dari segi konduktivitas thermalnya cukup kecil tapi sangat banyak kerugiannya. Sifat asbes yang menyerap panas sehingga membuat pada malam hari menjadi panas karena kalor yang diserap siang hari dilepaskan pada malam hari. Asbes juga tidak baik untuk kesehatan yang dapat menyebabkan kanker.

Prosedur Penelitian

Secara garis besar alur skema penelitiannya sebagai berikut :



Pengambilan Data 

Berikut gambar 3 D kamar yang akan disimulasi kan :



Dari gambar diatas, pada pagi dan siang hari pintu dan jendela menjadi inlet, ventilasi menjadi outlet. 


Beikut data temperatur yang telah diambil dibeberapa titik :


Dari data diatas terlihat bahwa suhu kamar diatas suhu kamar yang kurang nyaman dari standar yang diberikan. Untuk itu penelitian ini akan membandingkan efek penggunaan plafon pada kamar, karena plafon memiliki pengaruh yang cukup besar pada temperatur dalam kamar.







1 komentar:

oZzy moved away ever before, I miss his cock, and I'm always hungry for intercourse.
FUCK MY PUSSY!

Feel free to surf to my homepage; hcg injections

Post a Comment