Mar 27, 2011

PERLENGKAPAN BONGKAR MUAT (CARGO GEAR)

Posted by Gerry Liston Putra On Sunday, March 27, 2011 No comments


Cargo gear adalah suatu peralatan angkat untuk bongkar muat dari kapal ke luar kapal, umumnya berbentuk crane sesuai peraturan cargo gear memiliki batas angkat SWL (Safety Working Load) dan harus mengacu pada peraturan ISGD.
Perlengkapan  Bongkar muat dikapal yaitu peralatan yang digunakan untuk melayani pekerjaan bongkar muat yang pada umumnya terdapat pada kapal barang ataupun kapal muatan jenis curah, pekerjaan tersebut meliputi :

·          Memuat dan membongkar muatan, perlengkapan, kebutuhan untuk berlayar, pada saat kapal berada didermaga /Pelabuhan. 
·          Memuat dan membongkar muatan kapal pada saat kapal berlabuh diperairan,biasanya untuk memuat dan membongkar muatan keatas tongkang, juga dapat untuk menurunkan peralatan selam. 
·          Pekerjaan selain tersebut diatas seperti membuka dan menutup palkah kapal, mengangkat dan menurunkan pipa atau selang pada kapal tanker.

ICB (International Cargo gear Berau)
Ketentuan pemasangan perlengkapan bongkar muat tersebut tidak sepenuhnya diatur ICB didalam peraturan klasifikasi melainkan ada yang harus memenuhi peraturan ILO (International Labour Office) yang mengacu pada peraturan buruh International berkaitan dengan  proteksi terhadap pekerja yang melaksanakan pekerjaan bongkar muat dipelabuhan.

JENIS ALAT BONGKAR MUAT  (LIFTING APPLIANCES TYPE)
1.        DEREK UNTUK BEBAN RINGAN
Derek untuk beban ringan memiliki konstruksi terdiri dari tiang Derek (derrick  post or mast) yang dilengkapi sebuah lengan yang disebut Derrick boom, mekanismenya menggunakan beberapa kabel baja yang digerakkan dengan winch, pada ujung kabel baja pengangkatnya dipasang sebuah Cargo hook. (lihat gambar DERRICK RIG FOR LIGHT LIFTING LOADS terlampir). Derek jenis ini banyak dipasang pada kapal barang jenis coaster dengan bobot mati s/d 6000 ton, biasanya Derek jenis ini memiliki kapasitas SWL sampai dengan 5 ton yang dipasang pada setiap antara dua palkah dan didepan palkah no 1 di haluan dan dibelakang palkah terakhir.
2.        DEREK UNTUK BEBAN MENENGAH
Derek untuk beban menengah juga memiliki konstruksi terdiri dari tiang Derek (derrick  post or mast) yang dilengkapi sebuah lengan yang disebut Derrick boom dengan ukuran lebih besar dibanding jenis Derek beban ringan, mekanismenya menggunakan beberapa kabel baja yang digerakkan dengan winch, beberapa tambahan blok, pada kabel baja pengangkatnya yang dilengkapi double block dipasang sebuah Cargo hook atau cargo shackle. (lihat gambar DERRICK RIG FOR MEDIUM LIFTING LOADS terlampir). Derek jenis ini banyak dipasang pada kapal barang OCEAN GOING dengan bobot mati s/d 10000 ton, biasanya Derek jenis ini memiliki kapasitas SWL sampai dengan 25 ton yang dipasang pada setiap antara dua palkah dan didepan palkah no 1 di haluan dan
dibelakang palkah terakhir. Karena memilik lengan yang lebih panjang, derik jenis ini dapat mengangkat container
sampai ukuran 20 ton panjang 20 ft
3.        DEREK UNTUK BEBAN BERAT 
Derek untuk beban berat atau Twin span tackle derrick rig for heavy loads memiliki konstruksi terdiri dari tiang Derek berbentuk portal (portal derrick  post) , tiang Derek
dihubungkan melintang dengan konstruksi bernama  cross tree yang dilengkapi sebuah lengan yang disebut Derrick boom dengan ukuran besar, mekanismenya menggunakan beberapa kabel baja yang digerakkan dengan winch dimana kabel baja dan blok atas terkait pada  cross tree, beberapa tambahan blok dan winch, pada kabel baja pengangkatnya yang dilengkapi double block atas dan bawah dipasang sebuah Cargo hook atau cargo shackle. (lihat gambar TWIN SPAN TACKLE DERRICK FOR HEAVY LOADS terlampir). Derek jenis ini banyak dipasang pada kapal barang OCEAN GOING dengan bobot mati  10000 ton atau lebih yang memiliki muatan dengan bobot yang berat, biasanya Derek jenis ini memiliki kapasitas SWL sampai dengan 100 ton yang dipasang pada setiap antara dua palkah ditengah kapal dan didepan palkah no 1 di haluan dan dibelakang palkah terakhir hanya dipasang jenis DEREK UNTUK BEBAN MENENGAH.
4.        DEREK UNTUK BEBAN BERAT TYPE UNION PURCHASE
Derek untuk beban berat jenis UNION  PURCHASE RIG ARRANGEMENT memiliki konstruksi terdiri dari tiang Derek berbentuk portal (portal derrick  post) , tiang Derek
dihubungkan melintang dengan konstruksi bernama cross tree yang dilengkapi dua buah lengan pada setiap tiang portalnya yang disebut Derrick boom dengan ukuran besar, mekanismenya menggunakan beberapa kabel baja yang digerakkan dengan winch dimana kabel baja dan blok atas terkait pada cross tree, beberapa tambahan blok dan winch, pada kabel baja pengangkatnya yang terhubung dan ditahan dengan kedua lengannya dilengkapi block dipasang sebuah Cargo hook atau cargo shackle. (lihat gambar UNION PURCHASE RIG ARRANGEMENT terlampir). Derek jenis ini banyak dipasang pada kapal barang OCEAN GOING dengan bobot mati  10000 ton atau lebih yang memiliki muatan dengan bobot yang berat, biasanya Derek jenis ini memiliki kapasitas SWL sampai dengan 50 ton yang dipasang pada setiap antara dua palkah ditengah kapal dan didepan palkah no 1 di haluan dan dibelakang palkah terakhir hanya dipasang jenis DEREK UNTUK BEBAN MENENGAH, namun demikian pengoperasian Derek jenis ini lebih rumit disbanding jenis Derek yang lain.
5.        DECK CRANE
Deck crane merupakan alat angkat yang termasuk untuk beban menengah memiliki konstruksi lebih modern tertumpu pada pedestal yang diatasnya dilengkapi mekanisme yang dapat berputar 360 derajat atau 180 derajat dan sebagai lengan pengangkatnya disebut Jib atau crane boom. Crane juga menggunakan mekanisme kabel baja yang digerakkan dengan winch, winch berada pada bagian  turret atau rumah crane yang digerakkan dengan motor listrik, pada kabel baja pengangkatnya yang dilengkapi swivel dipasang sebuah Cargo hook atau cargo shackle. (lihat gambar DECK CRANE terlampir). Derek jenis ini banyak dipasang pada kapal barang modern atau kapal muatan curah OCEAN GOING dengan bobot mati s/d 200000 ton, biasanya Derek jenis ini memiliki kapasitas SWL sampai dengan 50 ton yang dipasang pada setiap antara dua palkah dan didepan palkah no 1 di haluan dan dibelakang palkah terakhir.

JENIS ALAT ANGKAT LAIN
·    Provision Crane : Crane Untuk Mengangkut Kebutuhan Kapal
·    Over Head Crane : Crane untuk mengangkat peralatan dalam kamar mesin
·    Crane Tanker : Crane untuk mengangkat selang

0 komentar:

Post a Comment